ADVERTISER

CARA PEMBUATAN KERAMIK DARI BERBAGAI MACAM



CARA PEMBUATAN KERAMIK DARI BERBAGAI MACAM TEKNIK



I.            Bahan Pembuatan Keramik


 




II.          Alat Pembuatan Keramik



III.     Teknik dalam Pembuatan Kerajinan Keramik
1)  Teknik Pijit Tekan
Teknik pijit tekan (pinch) adalah teknik pembentukan badan keramik secara manual. Caranya tanah liat dipijit tekan dari bentuk bola menjadi bentuk yang diinginkan dengan menggunakan jari-jari tangan
2)  Teknik Pilin
Teknik pilin (coil) adalah teknik pembentukan badan keramik secara manual caranya tanah liat digulung hingga terbentuk pilinan tanah.






c)  Teknik Lempengan
Teknik lempengan  (slab)  adalah teknik pembentukan badan keramik secara manual dengan membentuk lempengan menggunakan rol.Lempengan digunakan  untuk membuat karya keramik yang berbentuk persegi atau silinder.
 
3)  Teknik Cetak

 



4)  Teknik Putar
Teknik pembentukan badan keramik dengan menggunakan alat putar kaki (kickwheel) dapat menghasilkan banyak bentuk yang simetris.





Hasil karya tanah liat dikeringkan dengan cara diangin-anginkan di tempat terbuka tidak terkena sinar matahari secara langsung.  Jika sudah kering, karya dapat dibakar menggunakan tungku keramik, dengan bahan bakar yang bervariasi seperti gas, kayu, minyak tanah atau listrik. Keramik yang dibentuk sudah dapat diberi dekorasi pada saat setengah kering atau saat sudah mengalami pembakaran pertama (bisque). Dekorasi bertujuan agar keramik tampak lebih indah dan kuat. Keramik dari tanah  liat bakaran tinggi, dapat dihias dengan pewarna glasir. Glasir adalah lapisan keras yang berkilap pada lapisanproduk keramik. Jika menggunakan pewarna glasur, keramik harus dibakar secara khusus, yaitu dibakar  dua kali, pertama pembakaran bisquit hingga 900  oC, lalu diglasir dan dibakar kembali hingga suhu 1.200-1.300 oC.
0 Komentar untuk "CARA PEMBUATAN KERAMIK DARI BERBAGAI MACAM"

Back To Top